Apa Itu OEM (Original Equipment Manufacturer)?

Kadang kita mendengar ada seseorang ada sebuah toko online yang menjual barang dengan kualitas OEM (Original Equipment Manufacturer). Apa sih OEM itu? Apa bedanya dengan barang original? Apa bedanya dengan barang palsu?

Sebenarnya tim kami telah menulis berbagai perbedaan kualitas barang, termasuk di dalamnya penjelasan mengenai perbedaan antara barang Original, OEM ataupun KW. Namun karena artikel itu sudah termasuk lama, kurang lebih 1 tahun yang lalu, maka kami menulis ulang disini.

Produk OEM sering kali disamakan dengan KW padahal ini sangatlah salah dan jelas berbeda! OEM sendiri singkatan dari Original Equipment Manufacturer dimana merupakan produk yang memiliki kualitas sama dengan Original, lalu dimana perbedaannya? Jika produk Original di produksi oleh pihak pembuatnya sendiri, produk OEM merupakan produk Original pihak pembuat yang diproduksi produsen lain yang juga memiliki nama besar. Masih bingung? Berikut sedikit gambarannya. 
Misalkan Perusahaan A membuat produk bernama SkyDiver, maka SkyDiver dengan kualitas Original dibuat di Perusahaan A itu sendiri. Nah suatu saat pesanan Perusahaan A begitu banyak sehingga harus mencari partner lain yaitu Perusahaan B untuk membantunya dalam melakukan produksi untuk area tertentu. SkyDiver yang di produksi pada Perusahaan B inilah yang dikatakan sebagai produk kualitas OEM. Meskipun begitu, SkyDiver yang diproduksi oleh Perusahaan B akan tetap dijual dengan menggunakan Brand milik Perusahaan A namun harganya lebih murah dari produk Original. Nah sudah mengerti kan?