ChatOn, Aplikasi Messenger ala Samsung Pesaing BBM

Ketika BBM for All masih tersendat-sendat dan tidak jelas, Samsung ternyata juga mempunyai aplikasi pesan instan yang tak kalah banyak penggunanya dibanding BlackBerry. Nama Samsung ChatoOn memang tak terlalu terdengar di Indonesia, gaungnya kalah santer dibanding BBM, Whatsapp, atau instan messenger lainnya. Tapi jangan salah, pengguna Samsung ChatOn ternyata jauh lebih banyak dari BBM.
Samsung ChatOn

Seperti kutip dari Cnet, Senin (30/9/2013), jumlah pengguna ChatOn tercatat telah tumbuh menjadi 100 juta sejak dirilis dua tahun lalu, Oktober 2011. Jelas, angka ini jauh lebih banyak dari pengguna aktif BBM yang hanya 60 juta.

ChatOn sendiri ditanamkan secara pre-installed di feature phone dan smartphone Samsung yang menjalankan sistem operasi Android serta Bada. Layanan ini juga bisa di-download secara gratis di plaform mobile lainnya.

Di tengah makin maraknya persaingan pesan instan multi-platform dalam kurun empat bulan terakhir ini, terlebih setelah BBM diumumkan akan tersedia di iOS dan Android, ChatOn malah sukses melipatgandakan jumlah penggunanya.

Adapun ChatOn dilaporkan perkasa di wilayah India, China dan Amerika Serikat. Keperkasaannya juga bertumbuh di Eropa dan Timur Tengah, demikian klaim Samsung. ChatOn secara keseluruhan tersedia di 237 negara dalam 63 bahasa.

Persaingan di antara pesan instan multi-platform memang telah riuh. Salah satu pemain besar di ranah ini adalah WhatsApp yang sudah merangkul sebanyak lebih dari 300 juta user di lebih dari 250 negara. Lainnya ada juga Line, Kakao Talk, dan tentu saja, BBM.