Fitur Baru BBM for Android


Yup. BBM for Android sudah diluncurkan. Aplikasi BBM untuk Android sudah ada. Mungkin beberapa pengguna bahkan sudah mendownloadnya. Beberapa hari yg lalu saya sudah pernah juga menulis BBM for android, tapi saat itu versi pre launch. Kali ini BBM for android sudah resmi di luncurkan.

Apa saja fitur baru dari BBM for Android ini? Sebenarnya tidak tepat juga dikatakan fitur baru, secara yang baru cuma lingkup cakupannya. Berikut informasi lengkapnya.

1. Chat dengan Pengguna BBM di iPhone dan Android

Karena sudah dilepas untuk platform sistem operasi lain, layanan BBM otomatis tak lagi ekslusif di perangkat BlackBerry saja. Namun kabar baiknya, pengguna BBM via iPhone dan Android pun bisa terhubung dengan pemilik BlackBerry yang jumlah pengguna aktif BBM-nya mencapai 60 juta.

Dengan perangkat iPhone dan Android, pengguna BBM nantinya bisa melakukan chatting seperti mengirimkan pesan, suara, gambar dan foto dalam hitungan detik--asal tidak pending.

Pengguna pun bisa mendapatkan notifikasi apakah pesannya sudah diterima dan dibaca dengan tanda 'D' untuk delivered dan 'R' untuk read.

2. BBM Group

Sama seperti BBM yang ada pada perangkat BlackBerry, pengguna BBM di iOS dan Android pun bisa membuat kelompok atau BBM Group agar selalu terhubung dengan teman yang terpilih.

Grup BBM ini memungkinkan Anda mengundang hingga 30 teman untuk chatting bersama-sama, dan melangkah lebih jauh dari multi-chat dengan berbagi foto dan jadwal.

Tak hanya satu BBM Grup, pengguna pun bisa membuat kelompok chatting lebih dari satu sesuai dengan aktivitas dan keinginan masing-masing.

3. BBM Broadcasting Message

Benci tapi rindu. Mungkin itu ungkapan yang tepat untuk menggambarkan fitur BBM paling dikenal, yakni Broadcast Message. Ya, meski kadang sering annoying karena broadcast kabar yang tidak penting, bahkan hoax.

Ya, fitur ini memungkinkan pengguna mengirimkan pesan secara bersamaan ke semua kontak yang dimilikinya.

Walaupun demikian, broadcast message pun dapat juga dilakukan pada kontak tertentu saja sesuai dengan keinginan dari sang penggunanya

4. BBM cuma untuk Ponsel, tidak Tablet

Ini mungkin fitur optimalisasi yang tidak mengenakkan. Karena, layanan BBM untuk Android dan iOS ini nyatanya masih terbatas bagi pengguna smartphone saja.

Hal ini sudah ditegaskan oleh Yolanda Nainggolan, PR Manager BlackBerry Indonesia, BBM bisa di-download gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser. Namun sayangnya, hanya pengguna ponsel tertentu saja yang bisa menikmatinya.

"Kami tegaskan, BBM di iOS dan Android itu gratis. Tak perlu beli atau bayar. Namun, yang bisa download cuma pengguna smartphone Android versi 4.0 ke atas, juga iPhone dengan iOS 6 atau 7 saja. Tablet maupun Windows Phone belum bisa," jelasnya

5. PIN BBM

Kekhasan lainnya dari BBM adalah nomor akun yang hadir dalam bentuk PIN. Di BBM lintas platform pun, PIN unik ini akan didapatkan oleh pengguna sebagai bagian dari identitas.

Setelah berhasil di-download, pengguna diharuskan untuk registrasi atau sign up terlebih dulu untuk membuat akun BlackBerry ID dengan cara memasukkan akun email. Satu akun BlackBerry ID ini hanya untuk satu handset saja.

"Sebab, jika akun BlackBerry ID ini masih digunakan di handset lain, misalnya di ponsel BlackBerry, otomatis data kontak yang ada di handset BlackBerry akan berpindah ke handset yang terdaftar baru ini, ya ke Android atau iPhone," kata Yolanda Nainggolan, PR Manager BlackBerry Indonesia.

Setelah sign up BlackBerry ID, pengguna iPhone maupun Android akan mendapatkan PIN unik layaknya PIN BlackBerry. "Karena pengguna BBM akan menggunakan PIN, bukan nomor telepon seluler atau alamat email. Jadi lebih private dan kita selalu bisa mengontrol orang yang ada di contact list kita," jelasnya lebih lanjut.


Setelah BBM aktif, maka pengguna aplikasi ini sudah bisa melakukan segala aktivitas layaknya pengguna BlackBerry OS pada umumnya. Untuk invite kontak pengguna BBM lainnya, caranya juga sama. Mulai dari pertukaran PIN, scanning barcode, atau bisa juga invite lewat email maupun SMS.

how to buy car insurance online

Share on :