3 Transportasi Utama Untuk Liburan Murah

model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Liburan merupakan suatu aktifitas yang perlu dilakukan oleh setiap orang dikehidupan ini. Kenapa? Karena manusia memang memerlukan suatu aktifitas yang dapat membantu”menyegarkan” kembali baik fisik maupun mental secara berkala. Aktifitas liburan ini sendiri memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan tubuh. Hal ini wajar saja, karena tingginya tekanan hidup saat ini membuat manusia harus berusaha keras dan bahkan sudah masuk ke kategori berlebihan sehingga menyebabkan berbagai efek negatif, baik secara fisik dan mental. Nah, maka dari itu sebaiknya kita dapat menyempatkan liburan setidaknya satu kali dalam setahun. Tapi bagaimana dengan biayanya? Bagaimana cara untuk memilih transportasi yang murah? Nah, untuk biayanya itu sendiri sebenarnya dapat terbagi ke dalam transportasi, akomodasi, dan konsumsi. Namun, dalam kesempatan kali ini saya akan lebih fokus kepada cara untuk memilih transportasi termurah sesuai dengan tujuan liburan anda. Karena transportasi ini merupakan hal pertama dan utama dalam liburan anda.

Berdasarkan pengalaman, ada 3 transportasi yang dapat membantu kamu dalam menghemat biaya liburan, dan dijamin liburan kamu akan terasa lebih asik dan seru. Mereka adalah motor, kereta api dan pesawat terbang, dan berikut ini penjelasannya.

Transportasi merupakan salah satu faktor utama yang harus dipikirkan dengan baik sebelum kamu memutuskan untuk liburan. Untuk mendapatkan biaya yang  murah, maka kamu harus membagi faktor ini berdasarkan jaraknya. Tentukan tujuannya, dan masukkan ke dalam dua kategori berikut:

1. Jarak Pendek
Jika tujuan berliburnya masih terbilang dekat, maka tentu biaya transportasinya akan lebih murah. Kalau mau lebih asik, maka kamu bisa mencoba menggunakan dua transportasi dibawah ini:
Motor
Kenapa motor? Kendaraan ini dikenal dengan keiritan dalam penggunaan bahan bakarnya, dan hal ini terbukti dengan banyaknya pemudik lebaran yang menggunakan motor tiap tahunnya  hehe. Tapi memang motor ini baiknya digunakan untuk jarak dekat saja, walaupun pada kenyataannya banyak orang yang menggunakannya untuk jarak jauh. Faktor kenyamanan adalah kendala utama dari transportasi ini, karena pengendara akan kontak langsung dengan udara/angin, kondisi cuaca, dan getaran mesin dari kendaraan tersebut. Sedangkan dari faktor fisik, faktor kelelahan akan lebih terasa pada si pengemudi jika digunakan untuk jarak jauh. Tetapi dari semua faktor tersebut, tingkat kepuasan, asik dan serunya paling tinggi dibandingkan dengan kendaraan lain. Semua perasaan tersebut akan muncul jika kamu liburan bersama dengan teman-teman, dengan kata lain “touring” ke suatu tempat wisata. Terlebih bagi yang masih berjiwa muda, otomatis adrenalin akan semakin meningkat sehingga timbul perasaan “excited” dan membuat liburan menjadi lebih berwarna. Namun transportasi motor ini baiknya hanya dibatasi pada liburan bersama teman-teman saja, dan ga mungkin juga digunakan untuk liburan bersama keluarga kan hehehe.

Kereta
Transportasi kedua yang dapat menghemat biaya adalah kereta api. Transportasi ini cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan transportasi darat lainnya. Cukup dengan memesan tiket kelas ekonomi, yang notabene tidak sampai Rp. 50.000 kamu sudah dapat liburan ke tempat yang kamu tuju. Liburan menggunakan transportasi kereta api ini memang tergolong murah namun kamu tetap merasa nyaman, walaupun menggunakan kelas ekonomi. Transportasi masal ini sangat cocok digunakan untuk liburan bersama dengan keluarga maupun teman-teman. Suasananya tentu akan lebih asik dan seru selama diperjalanan.

2. Jarak jauh
Jika kamu ingin berlibur ke tempat yang jauh, maka satu-satunya transportasi yang dapat diandalkan adalah pesawat terbang. Selain menghemat waktu transportasi yang satu ini juga suka menawarkan tiket pesawat promo dengan harga yang relatif ringan dikantong. Tapi bagaimana caranya agar kita bisa dapat informasi promo tersebut? Dibawah ini ada beberapa caranya:

Pesan secara online
Tingginya tingkat permintaan akan tiket pesawat di Indonesia menyebabkan ramainya persaingan diantara pihak maskapai. Hal ini picu juga dengan murahnya harga tiket yang dikeluarkan oleh maskapai yang berbasis LCC (Low Cost Carrier). Saat ini ada beberapa LCC yang bersaing di Indonesia, dan bersaing satu sama lain untuk merebut hati konsumen Indonesia. Salah satu cara andalan pihak maskapai adalah dengan memberikan penawaran berupa harga promo untuk tujuan-tujuan populer diwaktu tertentu. Cara ini terbilang cukup efektif dalam menarik minat konsumen di Indonesia. Tapi penawaran seperti ini tidak dipublikasikan secara luas, karena kursi yang disediakan umumnya sangat terbatas pada satu penerbangan. Nah, untuk mengetahui hal tersebut, maka kamu bisa menggunakan jasa dari OTA (online travel agent). Munculnya layanan online ini sangat membantu konsumen di Indonesia, khususnya dalam hal waktu, tenaga, dan biaya yang harus dikeluarkan. Munculnya Traveloka, Tiket2, Tiket, Wego, dsb merupakan suatu terobosan dalam dunia transportasi penerbangan di Indonesia yang notabene berdampak positif, tidak hanya bagi konsumen, tetapi juga pihak maskapai.

Kenapa harus pesan secara online? Pertama, lebih menghemat waktu pemesanan, kemudian lebih menghemat tenaga karena kamu tidak perlu pergi ke suatu tempat untuk mendapatkan tiket. Yang ketiga, umumnya harga tiket di OTA jauh lebih murah ketimbang membeli ditravel agen lokal. Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan tiket termurah? Kalau saya biasanya membuka beberapa penyedia layanan sekaligus, yaitu Traveloka, tiket, tiket2, dll. Kemudian cari harga tiket pesawat sesuai dengan tujuan dan tanggal keberangkatan. Masing-masing dari penyedia akan menampilkan hasil berupa kumpulan harga tiket pesawat dari berbagai maskapai, lengkap dengan waktu, fasilitas, dsb. Biasanya harga teratas merupakan harga yang termurah dari semua maskapai yang ada. Setelah itu tinggal bandingkan saja, dari beberapa layanan yang ada. Dari langkah yang saya jelaskan diatas, umumnya Traveloka selalu mengeluarkan hasil yang termurah dibandingkan dengan provider lainnya. Bedanya memang tidak banyak, tetapi lumayan untuk menghemat biaya liburan hehe. Apalagi buat saya yang masih berseri nilai tabungannya, pasti perlu banget beda selisih harga itu, lumayan bisa buat beli lauk pauk di tempat tujuan hahaha.

Daftar Newsletter
Cara kedua adalah dengan mendaftarkan email kamu di newsletter layanan OTA. Email newsletter ini 100% gratis, dan kamu bisa mendapatkan notifikasi tentang promo-promo terbaru dari tiap maskapai di email kamu. Jadi kamu tidak perlu terus mengecek secara rutin untuk mencari tiket pesawat termurah. Tapi justru layanan OTA, seperti Traveloka yang akan memberitahu secara langsung jika ada promo terbaru dari maskapai tertentu. Selain itu, antara pihak OTA dengan maskapai sering menjalin kerjasama satu sama lain untuk dapat menarik minat konsumennya. Contohnya, kerjasama Citilink dengan Traveloka.com yang menelurkan suatu program atau event tertentu tentang penawaran tiket promo khusus bagi konsumen kedua belah pihak. Cara seperti ini tentu akan sangat menguntungkan kita sebagai konsumen, selain tambah tingginya tingkat persaingan didunia OTA. Dengan kondisi seperti ini, saya sering menemukan harga tiket pesawat promo yang berkisar antara Rp. 70.000 hingga Rp.200.000 baik tujuan dalam negeri maupun luar negeri. Bagaimana, menarik bukan?

Itulah 3 transportasi utama yang dapat kamu gunakan ketika ingin liburan ke suatu tempat. Transportasi tersebut memang menjadi favorit bagi wisatawan, karena selain memiliki keunggulan, masing-masing transportasi juga ramah untuk kantong kita. Kamu hanya perlu tahu kapan waktu yang tepat berlibur, jadi carilah info mengenai harga promo dari jauh-jauh hari, dan hindari “peak season” karena otomatis biaya transportasi akan meningkat dengan tajam. Semoga info ini dapat bermanfaat dan kamu bisa merencanakan liburan dengan lebih baik lagi. Terima kasih model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Share on :