Setelah kemunculan BBM for Android beberapa hari yang lalu yang konon sudah diunduh lebih dari 10 juta kali, agaknya persaingan terbuka dan frontal antara BBM dan Whatsapp tak terhindarkan lagi. Di Google Play Store, BBM menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi gratis (free) yang paling banyak di download. Sebelum BBM for Android ini muncul, Whatsapp-lah yang berada di peringkat pertama.
BBM v Whatsapp

Namun demikian, peringkat tersebut tentu saja tidak secara mutlak menentukan mana yang lebih baik di antara keduanya. Saya sendiri menduga, peringkat 1 BBM for Android lebih banyak disebabkan oleh rasa penasaran para pengguna Android. Apalagi memang kehadiran BBM lintas platform ini sudah menggaung sejak hampir 2 bulan lalu.

Jangan-jangan pengguna android, karena penasaran, mendownload BBM, lalu install, dan kemudian dalam kurun waktu sekian jam, meng-uninstallnya. Atau malah gagal instal. :D hehehe.

Konon, dari beberapa user android yang sudah mendownload BBM, aplikasi BBM lintas platform ini selain makan memory yang cukup besar, juga menyebabkan baterai jadi boros. Selain itu, ada indikasi juga bahwa review bintang 5 yang di dapat oleh BBM for Android adalah fake alias palsu.

Baik di Google Play maupun App Store, banyak review dari pengguna memberikan penilaian maksimal untuk BBM. Di Google Play, nilai BBM di atas 4. Adapun jumlah review bintang 5 di atas 80 ribu. Namun ada kecurigaan sebagian review tersebut dibuat-buat. Sebab, banyak yang kalimatnya sama atau mirip. Rata-rata, review dengan kalimat yang sama memberikan 5 bintang untuk BBM. Pihak BlackBery pun menyatakan sedang meneliti masalah tersebut. Mereka memastikan tidak menyetujui keberadaan review palsu, jika memang benar ada.

Bagaimana menurut anda? Mana yang lebih bagus antara BBM for Android dan Whatsapp?