Blackberry Channel, Cara Blackberry Mengais Untung di BBM for Android and iOS

Blackberry Messenger atau BBM dulunya merupakan layanan ekslusif milik Blackberry. Dengan BBM pula Blackberry menjadi penguasa tunggal dan meraih banyak keuntungan. Namun sekarang, setelah Blackberry memutuskan untuk melepas ke-ekslusif-an BBM, yaitu dengan BBM lintas platform, timbul pertanyaan, bagaimana Blackberry dapat memperoleh keuntungan?
BBM for Android

Kesuksesan BBM for Android and iOS

Bergembiralah para pengguna robot hijau alias android maupun iOS. BBM telah dapat digunakan di Android, meski ada beberapa syarat teknis yang harus dipenuhi untuk menginstall BBM for Android seperti harus minimal Android versi 4.0 atau Ice Cream Sandwich dan processor ARMv7. Adapun untuk Android Gingerbread, anda bisa mencoba menginstall BBM for Android Gingerbread disini namun beberapa pembaca mengatakan tidak berhasil.

BlackBerry baru saja mengumumkan kesuksesan BlackBerry Messenger (BBM) menggaet 20 juta anggo harta baru yang berasal dari pengguna Android dan iOS. Capaian ini tak lantas membuat BlackBerry berpikir ulang untuk menarik iuran dari pengguna BBM lintas platform. BlackBerry memastikan, layanan BBM untuk pengguna Android dan iOS akan tetap gratis selamanya.

BBM akan Gratis alias Free selamanya

"BBM sudah jelas merupakan sebuah layanan gratis," tegas Andrew Bocking, Executive Vice President of BBM BlackBerry, saat diwawancarai The Morning Edition.

Meski digratiskan, BlackBerry mengaku telah merancang strategi bisnis untuk menghasilkan uang dari layanan BBM di Android dan iPhone. "Kami punya cara lain untuk menguangkan layanan ini," kata Andrew. BlackBerry menyatakan, BBM akan menghasilkan keuntungan melalui kombinasi marketing dan iklan dari berbagai fitur yang saat ini belum diluncurkan, salah satunya BBM ChannelYa, BlackBerry akan memasang iklan di BBM untuk Android dan iOS.

BBM Channel, Iklan di Blackberry Messenger?

BBM Channel sendiri adalah fitur baru yang rencananya akan ditambahkan ke BBM. Channel memungkinkan pengguna untuk berlangganan sebuah kanal yang dikelola oleh brand atau pengguna lain, mirip dengan mekanisme Twitter. Sejak pertama diperkenalkan Mei lalu, BBM Channel masih berada dalam tahap beta di BlackBerry Beta Zone.

Ini berarti begitu BBM Channel rampung dan menyambangi BBM lintas platform, berbagai macam iklan akan "berseliweran" di layar Android, iPhone, dan iPad saat pengguna mengakses layanan tersebut.

Pada tahap awal, BBM di Android dan iPhone hanya memiliki fungsi standar untuk berkirim pesan teks, mengirim voice note dan video singkat, serta membuat grup diskusi.  Fitur voice chat dan video chat dijanjikan BlackBerry akan hadir di BBM lintas platform "dalam beberapa bulan mendatang".