BBM for Android sudah resmi meluncur. Anda bisa mendownloadnya di sini. Sayangnya, beberapa kawan mengeluhkan cara install BBM for android yang seringkali gagal. Perlu diketahui, BBM for Android minimal menggunakan android ICS (Ice Cream Sandwich). Jika device anda masih dibawah itu, silahkan upgrade dulu ke ICS.

Di situs bbm.com itu akan mendeteksi apakah perangkat Anda bisa atau cocok untuk aplikasi ini. Setelah spesifikasinya sesuai maka tetap akan diarahkan ke Google Play Store atau Apple App Store.

Setelah berhasil di-download, pengguna diharuskan untuk registrasi atau sign up terlebih dulu untuk membuat akun BlackBerry ID dengan cara memasukkan akun email. Ingat! Satu akun BlackBerry ID ini hanya untuk satu handset saja.

Sebab, jika akun BlackBerry ID ini masih digunakan di handset lain, misalnya di ponsel BlackBerry, otomatis data kontak yang ada di handset BlackBerry akan berpindah ke handset yang terdaftar baru in ke Android atau iPhone.

Setelah sign up BlackBerry ID, pengguna iPhone maupun Android akan mendapatkan PIN unik layaknya PIN BlackBerry. Karena pengguna BBM akan menggunakan PIN, bukan nomor telepon seluler atau alamat email. Jadi lebih private dan kita selalu bisa mengontrol orang yang ada di kontak list.

Setelah BBM aktif, maka pengguna aplikasi ini sudah bisa melakukan segala aktivitas layaknya pengguna BlackBerry OS pada umumnya. Untuk invite kontak pengguna BBM lainnya, caranya juga sama seperti yang ada di BBM sebelumnya.

Pengguna BBM di iPhone dan Android juga bisa menikmati fitur-fitur yang ada, semisal BBM chat, BBM group, BBM broadcast message. Di masa depan bukan tidak mungkin, fitur BBM Channel juga akan merambah masuk untuk memonetisasi layanan ini.

Mudah bukan? Selamat menikmati BBM for Android.