Ada yang cukup unik dari aplikasi BBM for Android. Yaitu pengguna BBM for Android seolah tidak diijinkan untuk log out/ sign out dari BBM. Entah apa alasan developer BBM for Android tidak memasukkan menu Log out/ sign out di BBM. Padahal beberapa pengguna BBM mungkin saja memiliki kepentingan untuk log out, misalnya, ingin agar tidak terganggu dengan BBM untuk sementara waktu, atau ingin sign in dengan PIN lain. Bagaimana cara mudah untuk log out dari aplikasi BBM for Android?

Sebenarnya ada 2 cara untuk log out dari BBM di Android. Cara pertama adalah dengan menghapus atau uninstall aplikasi BBM for Android. Resikonya, anda tentu harus mendownload dan menginstall ulang apabila ingin menggunakan lagi BBM for Android.

Cara yang kedua lebih sederhana. Anda dapat log out di BBM for Android dengan mudah tanpa perlu menghapus aplikasi BBM.

Pertama, pilih menu "Setting" dari perangkat Android, lalu pilih "Apps". Kemudian, pilih aplikasi BBM, kemudian tekan tombol menu "Clear data". Pada kondisi ini, aplikasi BBM Android sudah tidak aktif. Artinya, Anda sudah tidak dapat menerima pesan dari BBM.

Jika ingin kembali aktif BBM-an atau ingin log in dengan BlackBerry ID berbeda, jalankan kembali aplikasinya. Tampilan yang muncul adalah seperti pertama kali mengunduh aplikasi BBM, Anda diminta untuk memasukkan alamat e-mail.

Masukkan kembali e-mail yang terdaftar di BBM.com. Jika ditolak, Anda harus mendaftarkan alamat e-mail baru dan tentu harus mengantre kembali sampai memperoleh konfimasi dari BlackBerry agar dapat melakukan langkah selanjutnya.  Terakhir, Anda tinggal sign in dengan memasukkan alamat e-mail BlackBerry ID Anda.

Bikin PIN BB cantik yuuk :D

Selain berguna untuk log out sementara dari BBM for Android, cara di atas juga bisa digunakan untuk "ganti PIN" alias membuat nomor PIN baru atau membuat akun BlackBerry ID baru.

Caranya, setelah melakukan prosesi log out seperti langkah-langkah di atas, masukkan e-mail yang terdaftar di BBM.com. Selanjutnya, klik "Create a BlackBerry ID", lalu isi data yang diminta, dan ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

Jika nomor PIN yang diperoleh tak sesuai keinginan, ulangi proses dari awal. Artinya, perlu beberapa alamat e-mail untuk sampai mendapatkan nomor PIN "cantik".

Proses ini juga bisa dilakukan jika ingin mengganti e-mail yang digunakan untuk BlackBerry ID. Tujuannya, agar alamat e-mail untuk log in BBM adalah alamat e-mail utama, yang biasa digunakan sehari-hari, sehingga mudah diingat dan tidak perlu menggunakan alamat e-mail yang berbeda-beda untuk log in sebuah layanan.