Gagal Install BBM? Mungkin Ini Masalahnya

Beberapa pembaca blog ini sudah mendownload BBM for Android, namun demikian, masih ada beberapa yang ternyata tidak berhasil install BBM for Android. Masalah utamanya biasanya terletak pada OS yang masih di bawah Android ICS sebagaimana pernah kami tulis disini. Namun demikian, mungkin ada hal lain yang membuatnya gagal. Mungkin pertanyaan dan jawaban seputar BBM for Android dapat anda temukan dibawah ini. Atau jika ada teman-teman yang pernah punya pengalaman, silahkan di share.


1. Apa Minimum Requirement untuk BBM for Android/ iPhone?

Asal smartphone Anda menggunakan sistem operasi Android dan iOS. Untuk pengguna Windows Phone dan OS lainnya, sampai saat ini BlackBerry belum memberikan informasinya. Selain device berbasis Android dan iOS, perangkat yang Anda instal harus sesuai spesifikasi minimum dari sistem operasi yang diinginkan oleh BlackBerry. 
BBM hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS 7 dan iOS 6. Sedangkan pemakai Android, handset harus versi Ice Cream Sandwich ke atas dengan ukuran layar maksimal 7 inch. Aplikasi BlackBerry Messenger ini tak dikenakan biaya sedikit pun alias gratis. Jadi pastikan bahwa aplikasi yang dimaksud adalah asli keluaran dari BlackBerry.

2. Gimana Cara Install BBM for Android?

Sebenarnya sudah pernah kami ulas disini. Setelah spesifikasi dirasa mumpuni, pengguna bisa langsung mengunduh aplikasi yang dimaksud melalui toko online masing-masing atau pengguna Android maupun iPhone bisa mengunjungi situs www.bbm.com. Di situs bbm.com itu akan mendeteksi apakah perangkat Anda bisa atau cocok untuk aplikasi ini. Setelah spesifikasinya sesuai maka tetap akan diarahkan ke Google Play Store atau Apple App Store.
Untuk pengguna iPhone bisa saja langsung menuju ke App Store dengan mengetikkan kata “BlackBerry Messenger for iPhone”.  Sementara pengguna Android, tetap diminta berhati-hati agar tak terjebak BBM Android abal-abal.

3. Bisakah Menggunakan PIN BB Lama?

Setelah selesai men-download aplikasi BBM di iPhone atau handset Android. Maka tampilan depan dari layanan instant messaging ini adalah masuk dengan menggunakan ID BlackBerry. Dari mana ID BlackBerry didapatkan? Ada dua cara, pertama hasil dari akun yang didaftarkan di BlackBerry sebelumnya. Sehingga PIN BBM, daftar kontak dan lain sebagainya secara terotomatis tersinkronisasi ke perangkat iPhone atau Android.
Inget satu ID BlackBerry hanya untuk satu handset. Artinya, bila Anda sudah masukan ke handset Android atau iPhone, maka BBM di BlackBerry tak bisa lagi digunakan. Atau bila Anda ingin mempunyai PIN BBM baru, cukup mendaftarkan saja langsung melalui layanan BBM di Android atau iPhone. Karena pengguna BBM akan menggunakan PIN, bukan nomor telepon seluler atau alamat email. Jadi lebih privat dan kita selalu bisa mengontrol orang yang ada di daftar kontak.

4. Samakah antara BBM biasa dengan BBM for Android?

Pada dasarnya tidak ada yang berbeda fitur yang ada di BBM lintas platform dengan yang ada di BBM BlackBerry. Cuma memang beberapa yang tak tersedia di BBM lintas platform. Mengirim pesan, gambar , suara dan lokasi adalah fitur standar yang ditawarkan. Anda pun juga masih bisa mengirimkan Broadcast Message ke semua kontak yang terdaftar.
Bila sudah pindah ke handset lain, tak perlu kehilangan obrolan di grup message. Karena grup message tidak akan hilang termasuk percakapan yang sedang dihadirkan sebelumnya.  Berubah mungkin dari sisi tampilan antarmuka yang mirip dengan versi dari BlackBerry Messenger di OS BlackBerry 10. Oh ya, Anda tidak akan mendapatkan kontak BBM terklasifikasi berdasarkan keinginan Anda sesuai yang sudah dirapikan di kontak BBM BlackBerry sebelumnya.

5. Apakah Perlu Paket Khusus BBM?

Jawabannya tidak. Karena Anda bisa terhubung dengan jaringan seluler internet biasa yang sudah Anda beli sebelumnya. Bahkan saat Anda sedang terhubung dengan jaringan WiFi, Anda bisa tetap melakukan chatting tanpa harus takut gagal karena tak terhubung dengan jaringan seluler. Tentu saja, jaringan seluler adalah paket internet yang biasa Anda beli untuk terkoneksi dengan internet.