Review, Spesifikasi, dan Harga Smartfren Ascend W1 (Bagian 2-Habis)

Sebenarnya review Smartfren Ascend W1 niatnya mau dibuat satu artikel dengan bentuk 2 halaman. Tapi berhubung kami belum tahu bagaimana cara membuat halaman selanjutnya di blogger, terpaksa review, spesfikasi, dan harga Smartfren Ascend W1 kami buat dalam 2 artikel.

Jika di artikel pertama sudah kami bicarakan dalam sisi tampilan dan layar, sekarang mari kita lihat untuk dukungan jaringan dual Mode, kamera dan baterai dari Smartfren Ascend W1. 

Dual Mode, Kelebihan sekaligus Kekurangan
Kelebihan dan sekaligus kekurangan utama dari Smartfren Ascend ini adalah jaringannya yang mendukung CDMA dan GSM. Ya, Ponsel besutan vendor asal Cina ini mendukung Dual Mode CDMA dan GSM. Untuk jaringan CDMA, Smartfren Ascend W1 memiliki kemampuan koneksi EVDO Rev.B yang menawarkan kecepatan internet hingga 14.7 Mbps. Sedangkan untuk GSM, koneksi data hanya sampai pada jaringan 2G.
Meski mampu berjalan pada dua jenis jaringan yang berbeda, smartphone ini hanya memiliki satu buat slot untuk SIM Card. Itu artinya pengguna harus memilih, ingin memakai SIM card CDMA atau GSM.   

Kamera yang Hanya Cukup Bagus
Kamera utama pada Smartfren Ascend W1 mengusung sensor 5 MP yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 2592 x 1944 pixel serta mendukung perekaman video dengan resolusi 720p. Saat dicoba pada beberapa kesempatan, foto yang dihasilkan terbilang cukup baik, meskipun minim detail saat dilakukan zoom. Meski begitu, hasilnya masih tetap baik jika sekadar untuk share di social media. 
Selain memiliki kamera belakang, Smartfen Ascend W1 juga dilengkapi kamera depan dengan resolusi 0.3 MP yang tentunya mendukung untuk video call atau sekedar foto selfie. Resolusinya memang kecil, tapi tentunya menjadi poin plus tersendiri untuk smartphone di kelasnya. Mode pengambilan gambar atau pengaturan kamera pada Smartfe Ascend W1 terbilang biasa saja. Pengguna hanya bisa mengubah ukuran gambar yang akan diambil, ISO dan white balance.
Performa yang Mumpuni dan Baterai yang Tahan Lama

Smartfern Ascend W1 ditenagai dengan prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon S4 1.2 GHz dan juga RAM sebesar 512 MB. Spesifikasi di atas memang terlihat kecil dan tentunya akan memunculkan banyak lag saat menjalankan muti-tasking jika terdapat pada smartphone dengan OS Android, tapi tidak untuk Windows Phone.
Dengan spesikasi yang 'terbatas' tadi, Smartfren Ascend W1 mampu menjalankan multi-tasking dengan baik. Meskipun terkadang gejala lag juga terjadi jika aplikasi yang dibuka sudah terlalu banyak, tapi tidak sampai pada tahap yang mengganggu penggunaan.
Aktivitas seperti browsing, chatting menggunakan berbagai aplikasi, bahkan memainkan game seperti Royal Revolt atau HALO bisa berjalan dengan mulus pada Smartfren Ascend W1. Baterai pada Smartfren Ascend W1 adalah salah poin yang memberi nilai lebih. Dengan kapasitas 1.950 mAh, smartphone ini mampu bertahan selama 12-16 jam dalam sekali charge, bahkan dengan penggunaan yang intens. Sementara jika dalam kondisi stand-by bisa mencapai 1 hari lebih.
Kesimpulan Smartfren Ascend W1
Secara keseluruhan, smartphone ini bisa dibilang cukup bagus, baik dari segi desain maupun performa. Perpaduan antara prosesor dual-core 1.2 GHz dan RAM 512MB dengan OS Windows Phone 8 mampu membuatnya lancar dalam menjalankan macam-macam aplikasi yang ada.  Hadirnya kamera depan, meski resolusinya kecil, juga merupakan kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh smartphone lain di kelasnya.
Ditambah lagi dengan adanya baterai berkapasitas 1950 mAh yang tahan lama tentunya membuat pengguna tidak perlu bingung lagi memikirkan ketersediaan colokan listrik untuk mengisi ulang daya. Sayangnya, dengan adanya dukungan dual-mode GSM+CDMA, Smartfren Ascend W1 hanya memiliki satu buah slot untuk SIM card yang membuat pengguna harus memilih, menggunakan SIM CDMA atau GSM. Internal storage yang tersedia juga kecil, hanya 4GB saja, tapi untungnya ada slot untuk micro SD yang bisa menambah daya tamping menjadi 32GB.
Berapa Harga Smartfren Ascend W1?
Ini yang paling ditunggu neeh. Berapa sih harga di pasaran Smartfren Ascend W1? Worth it ato ga? Smartfren Ascend W1 ini dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal, yaitu Rp 1,9 juta (Termasuk bonus paket data 1.5GB), tentunya Smartfen Ascend W1 merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang ingin mencicipi Windows Phone tanpa harus mengeluarkan uang banyak. 


how to buy car insurance online

Share on :