Upgrade Windows 8.1? Kenalan Dulu dengan Fitur Kerennya!

Sudah mencicipi windows 8? Bagaimana rasanya? Amazing bukan? Bagi yang belum, silahkan segera mencoba windows 8. Walau awalnya membingungkan, setelah terbiasa akan merasakan betapa OS ini sangat membantu pekerjaan anda. Bagi yang sudah menjajal kemampuan windows 8, microsof sudah mengeluarkan update dari windows 8, yaitu windows 8.1. Bagaimana cara upgrade ke windows 8.1? Tenang dulu, sebelum upgrade ke windows 8.1, ada baiknya simak dulu fitur-fitur keren dari windows terbaru ini.

Live Tile yang lebih hidup
Microsoft melakukan gebrakan besar terhadap interface Windows 8.1. Kini, pengguna bisa lebih leluasa mengantur antarmuka sistem operasi tersebut. Ukuran kotak-kotak yang halaman muka kini memiliki ukuran yang bisa disesuaikan. Kemudian menyatukan beragam aplikasi pada satu folder kini dapat dilakukan dengan mudah. Selain Live Tile, Microsoft juga membenahi fitur start screen, yakni dengan menambahkan kemampuan untuk tampil berbarengan dengan desktop secara bersebelahan.

Hemat Kapasitas Harddisk
Meski memiliki banyak fitur dibanding Windows 8 tak membuat versi terbaru ini 'lapar' hardisk. Justru sebaliknya, Microsoft mengklaim Windows 8.1 lebih hemat tempat 8-15% dibanding saudara tuanya.

Better Snap
Snap, salah satu fitur di Windows 8, memiliki konsep yang cukup menarik. Fitur ini dibuat agar memudahkan pengguna untuk melakukan multitasking dengan beberapa window. Tapi pada kenyataannya fitur tersebut tidak semanis yang dijanjikan. Pasalnya, pengguna masih terbatasi oleh ukuran yang tidak bisa disesuaikan dan ketersediaan yang mentok di dua window. Pada Windows 8.1 Snap tampil jauh lebih baik. Kini pengguna bisa dengan mudah menyesuaikan ukuran, dan menggunakan lebih dari 2 window jika memang monitor yang dipakai mendukung hal itu.

Integrasi dengan Bing
Salah satu fitur yang diunggulkan pada Windows 8 yakni kemudahan mencari aplikasi. Hal itu kian ditingkatkan pada Windows 8.1. Kini, mesin pencari pada sistem operasi itu sudah disatukan dengan Bing. Jadi bukan hanya bisa menelusuri isi hardisk, tapi pengguna juga bisa menemukan konten yang ada di internet.

Kembalinya Start Button
Benar, tombol Start khas Windows itu kini telah kembali di Windows 8.1, tapi dengan fungsi yang berbeda. Saat diklik tombol tersebut akan membawa pengguna ke menu terakhir yang diakses, sedangkan klik kanan pada tombol tersebut masih menyajikan menu yang seperti sediakala. Namun dari tombol ini juga pengguna bisa dapat dengan mudah mematikan komputer atau mengakses fitur-fitur seperti system settings, Device Manager, Task Manager, Control Panel, File Explorer, fungsi Search dan Run. Menu ini juga bisa diakses dengan cara ditekan dan tahan pada komputer berbasis layar sentuh.

Skip Start Screen
Pada Windows 8.1 pengguna bisa langsung mengakses desktop tanpa harus melewati antarmuka Start Screen yang dianggap menyebalkan.  Caranya, pergi ke tampilan Desktop dan klik kanan di mana saja pada area taskbar. Pilih Properties, kemudian klik Navigation tab.  Langkah selanjutnya yakni dengan memberikan centang pada opsi 'Go to the desktop instead of Start when I sign in'. Cukup mudah bukan?

Keren bukan fitur terbaru dari Windows 8.1? Pengen segera upgrade? Tunggu artikel selanjutnya tentang cara mudah upgrade Windows 8.1