4 Cara Mudah Agar Baterai Ponsel Awet dan Tahan Lama - Sahabat The Maniax, ponsel Android dengan segala kecanggihan teknologinya membuatnya digandrungi oleh para pengguna gadget. Sayangnya, dibalik segala kecanggihan itu, ponsel android juga menyimpan kekurangan yang banyak dikeluhkan pengguna ponsel. Ya, baterai di ponsel android cenderung boros. Rata-rata pengguna android men-charge ponsel android mereka 2-3 kali sehari. Hal ini tentu saja membuat daya tahan baterai android sampai pada tingkat mengkhawatirkan.

Kami mencoba berbagi tips cara mudah menghemat baterai ponsel android, sekaligus membuat baterai android tahan lebih lama. Tips ini sebenarnya sangat sederhana. Namun banyak orang yang tidak mengetahuinya dan justru melakukan hal sebaliknya yang membuat baterai android jadi cepat aus dan rusak. Ada beberapa hal langsung yang bisa membantu daya ponsel bertahan lebih lama. Berikut ini rinciannya:

1. Jangan Gunakan Ponsel Saat Mengisi Daya
Kebanyakan orang mengisi daya ponselnya semalaman agar beterai selalu terisi penuh. Padahal, baterai Li-ion memiliki sirkuit internal yang secara otomatis dapat menghentikan proses pengisian jika sudah penuh. Namun pengisian daya yang berlebihan bisa membuat ponsel jadi panas. Selain itu, jangan menggunakan ponsel saat proses pengisian daya berlangsung. Hal tersebut dapat membingungkan sirkuit pengaman karena harus membagi daya saat pengisian dan melakukan tugas ponsel.

2. Optimalkan Daya Baterai
Sebaiknya ponsel diisi daya ketika masih sisa sekitar 40 persen dan isi kembali hingga 80 persen. Jika ponsel akan digunakan secara aktif, daya beterai antara 40 hingga 80 persen akan membuat daya ponsel lebih optimal.

3. Ponsel Tidak Boleh Terlalu Panas
Suhu ponsel sering naik ketika proses pengisian daya berlangsusng. Jika sudah begitu, daya beterai menjadi semakin cepat berkurang. Sebaiknya lepaskan pelindung jika ponsel Anda menggunakannya. Selain itu, jangan tinggalkan ponsel di ruang yang terlalu panas atau terpapar sinar matahari langsung.

4. Efektif Menggunakan Ponsel
Jika Anda tidak menggunakan ponsel untuk sementara waktu, simpan ponsel dengan daya baterai sekitar 40-50 persen di tempat yang sejuk. Setelah itu, matikan ponsel Anda untuk penyimpanan daya baterai. Cara ini cukup efektif untuk menghemat daya baterai, terutama di kantor saat Anda harus fokus dengan pekerjaan.

Demikian tips singkat dan mudah cara agar baterai ponsel tahan lama. Semoga 4 Cara Mudah Agar Baterai Ponsel Awet dan Tahan Lama ini dapat bermanfaat untuk para Sahabat The Maniax.