Cara Mudah Melihat Tampilan Blog/ Website di Berbagai Layar Smartphone

model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Judulnya lengkapnya sebenarnya panjang. Cara Mudah Melihat Tampilan Blog/ Website di Handphone atau Smartphone dengan Ukuran Layar yang berbeda-beda. Tapi agar lebih mudah, kami singkat menjadi seperti di atas. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, saat ini ukuran layar device terbaru sangatlah beragam. Mulai dari Small Phone dengan ukuran layar hanya 240 x 320, kemudian ada kakaknya yaitu seukuran iPhone (320 x 480). Di tingkat lanjut ada Small Tablet dengan ukuran 480 x 640. Kemudian yang paling besar adalah ukuran iPad 768 x 1024.

Dengan berbagai macam ukuran layar ini, para blogger mengkreasikan template atau theme dari blog mereka masing-masing agar tampilan blog mereka secara otomatis menyesuaikan ukuran layar di berbagai device. Template atau theme yang mampu secara otomatis menyesuaikan diri dengan ukuran layar di beragam device dikenal dengan sebutan responsive template/theme.

Blog ini sebenarnya juga dilengkapi dengan fitur responsive template/theme. Namun saya sengaja tidak (belum) mengaktifkannya. Hal ini dikarenakan untuk template blogger mesti melakukan setting-setting tertentu dulu. Berbeda dengan wordpress yang umumnya bisa secara langsung mengaplikasikan responsive theme. Mungkin suatu saat saya akan mengaktifkan responsive fitur di blog ini.

Nah, para blogger mungkin ingin mengetahui bagaimana sih tampilan blog kita di iPhone, iPad, ataupun tablet dengan ukuran layar tertentu. Kalau kita punya device dengan beragam ukuran layar, tentu tak jadi masalah. Namun bagaimana jika tidak? Bagaimana cara kita mengecek tampilan blog kita di iPhone misalnya? Apakah pembaca blog kita merasa nyaman membaca blog ini di Samsung Galaxy misalnya?

Mudah koq caranya. Anda bisa mencari di google dengan keyword Responsive Test Tools, atau klik saja disini. Disitu akan tampil beberapa tools untuk mengecek tampilan blog di berbagai ukuran layar smartphone. Saya biasanya menggunakan ini ataupun ini.

Oh ya, terakhir, apakah anda merasa nyaman menbaca blog ini di device anda? Atau haruskah saya mengaktifkan fitur responsive agar anda merasa nyaman? Saran dan kritiknya kami tunggu di kolom komentar!

model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Share on :