Setelah berguncang (halah) dengan kemunculan BBM for Android baik di ponsel maupun di PC/ Komputer, yang sayangnya khusus hanya untuk Android 4.0 ke atas, jagad android kembali hingar bingar dengan kemunculan OS Android terbaru. Ya, Google baru saja meluncurkan Google Nexus 5 yang memakai Android terbaru: KitKat. Google kembali bekerja sama dengan LG dalam pembuatan Nexus 5 ini.

Android KitKat
With KitKat, we've made Android amazing for everybody. 
Android is the operating system that powers over 1 billion smartphones and tablets. Since these devices make our lives so sweet, each Android version is named after a dessert: Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, and Jelly Bean. As everybody finds it difficult to stay away from chocolate we decided to name the next version of Android after one of our favorite chocolate treats, Kitkat®!

Spesifikasi Google Nexus 5

Google Nexus 5 memakai spesifikasi terkini yang membuatnya berpotensi jadi salah satu ponsel Android paling powerful. Selain menggunakan generasi terbaru prosesor quad core Qualcomm Snapdragon 800 dengan clock speed 2,3GHz, Nexus 5 juga dibekali RAM 2GB.

Layar handset penerus Nexus 4 tersebut cukup lebar, seluas 4,95 inch dengan resolusi sudah full HD 1080p yang menjanjikan tampilan cemerlang. Bodinya terlihat cukup keren dan ramping. Dimensi ukuran Nexus 5 adalah 137,84 x 69,17 x 8,59 mm dengan berat hanya 130 gram.

Di sisi kamera, Nexus 5 mengandalkan resolusi 8 megapixel dengan optical image stabilization dan kamera depan 1,3 megapixel. Spesifikasi kunci lain meliputi storage 16/32GB yang sayangnya tak bisa diekspansi, baterai 2.300 mAh dan support konektivitas 4G LTE.

Nexus 5 akan tersedia tidak lama lagi, pertama kali diedarkan untuk pasar Amerika Serikat, Kanada, benua Eropa, kemudian berlanjut ke negara-negara lainnya.

Android KitKat, Bagaimana Nasib Ponsel Android Low End?

Ada yang menarik terkait Android KitKat. Bersamaan dengan pengumuman resmi peluncuran Google Nexus 5, sistem operasi Android 4.4 KitKat juga dipastikan kehadirannya. Asyiknya, Google menjanjikan Android versi terbaru ini bakal berjalan mulus meski dijalankan pada ponsel android berspesifikasi rendah atau low-end.

"Penting agar satu versi Android dapat berjalan mulus di segala platform smartphone mulai dari yang low-end hingga high-end. KitKat merupakan langkah besar pertama ke arah itu," ujar Sundar Pichai, head of Google's Chrome and Android businesses, seperti dikutip dari Cnet, Jumat (1/11/2013).

Meksi begitu, tidak seluruh ponsel Android low-end dapat menikmatinya, karena Google mensyaratkan kapasitas RAM minimal 512 MB agar dapat menjalankannya dengan mulus. Namun mengingat hampir seluruh ponsel Android kelas low-end saat ini telah dibekali RAM sebesar 512 MB, spesifikasi minimum yang disyaratkan Google sepertinya memang masuk akal.

Google sendiri banyak menghadirkan improvisasi pada KitKat, selain dukungan untuk ponsel berspesifikasi rendah, Android versi 4.4 kini lebih baik dalam hal pengenalan voice command. Sebagai contoh, saat pengguna bertanya pada Google voice dengan pertanyaan “Call Fino”, maka KiKat akan bertanya lebih spesifik, “Which Fino” kepada penggunanya untuk pencarian yang lebih akurat.

So, bagi yang masih Gingerbread, siap2 untuk update ke KitKat dan mencoba lagi untuk install BBM for Android. Atau untuk sementara, coba install BBM for Android di Komputer :)