Perang Bintang: Moto G vs Samsung Galaxy S4, HTC One, Sony Xperia Z1 ~ Design

Moto G. Nama handset terbaru dari Motorola ini cukup menggemparkan dunia Android. Dengan harga yang terbilang murah, yaitu dikisaran US$ 179, ponsel ini diklaim mampu bersaing dengan ponsel-ponsel android kelas wahid semisal Samsung Galaxy S4 Mini, HTC One Mini, dan Sony Xperia Z1s. Benarkah demikian?
Moto G, versi murah dari Moto X, diklaim mampu bersaing dengan Samsung Galaxy S4, HTC One, dan Sony Xperia Z1

Tulisan ini akan kami buat beberapa seri agar tidak membosankan. Masing-masing akan kami ulas dari sisi desain, layar, dan seterusnya.

Sekilas Moto G

Motorola sesumbar bahwa Moto G, meski dijual dengan harga terjangkau, mampu menandingi performa ponsel Android premium. Yang dijadikan contoh adalah Samsung Galaxy S4.  Punit Soni, Vice President Motorola Mobility mengklaim Moto G mengalahkan Galaxy S4 dalam hal waktu start up, kecepatan membuka browser, kecepatan kembali ke home dan dalam melakukan panggilan.

"Handset ini memiliki baterai yang tahan seharian, prosesor quad core, dan sistem operasi Android murni. Saya tidak melihat ada pihak lain yang mampu menawarkan kombinasi seperti itu," tukas Charlie Tristchler, Product Manager Moto G.

Head to Head: Desain

Moto G
Sebagai versi murah dari Moto X, ponsel anyar besutan Motorola ini memiliki desain yang tidak jauh berbeda. Namun kelebihannya dibanding ponsel sekelasnya adalah pilihan warna beragam. Selain hitam dan putih, warna yang menyelimuti Moto G yakni merah, biru, dan kuning.
Samsung Galaxy S4 Mini
Galaxy S4 Mini mengusung desain elegan layaknya yang ditawarkan Samsung pada Galaxy S4 versi standar. Sayangnya material plastik polycarbonate yang diusungnya kerap dijadikan olok-olok oleh pesaingnya. Meski begitu sebenarnya penggunaan material plastik justru memberikan keuntungan tersendiri karena memiliki sifat fleksibel dan tak mudah pecah.
HTC One Mini
HTC One Mini dengan material almunium menjadi kelebihan tersendiri dari perangkat ini. Berkat material tersebut, varian mini dari HTC One ini memang tampil elegan. Ditambah penempatan sepasang speaker stereo di bagian muka, membuat smartphone besutan HTC ini tampil beda dibanding ponsel sekelasnya.
Sony Xperia Z1s
Xperia Z1s mengusung desain yang disebutnya Omni-Balance, dimana desain ini juga diaplikasikan oleh Xperia Z1. Desain ini diklaim oleh Sony membuat Xperia Z1s ergonomis dan lebih nyaman dalam genggaman penggunanya. Kelebihan lainnya adalah material glossy seperti kaca yang digunakannya pada bagian belakang smartphone yang belum resmi diluncurkan ini, serupa dengan yang hadir pada Xperia Z1.

Selanjutnya, Head to Head: Layar