SnapChat, Aplikasi Unik Pesaing Instagram

SnapChat sekarang sedang menjadi bahan perbincangan. Diberitakan bahwa aplikasi berbagi foto ini menolak tawaran akuisi dari dua raksasa internet saat ini, yaitu Facebook dan Google. Aplikasi SnapChat yang dapat di download dan dijalankan di Android maupun iOs ini memang tergolong unik dan menarik. Konsepnya sederhana, namun sangat pas dengan kondisi dunia maya saat ini.

SnapChat konon telah ditawar oleh facebook sebesar 3 milyar dollar AS, sedangkan google diyakini menawarkan segepok uang senilai dana 4 miliar dollar AS (sekitar Rp 46 triliun), namun keduanya ditolak oleh SnapChat.

Cara kerja Aplikasi SnapChat ini sangat mungkin terinspirasi dari film yang cukup populer beberapa tahun yang lalu: Mission Impossible. Penggemar film Mission Impossible pasti tahu bahwa setiap kali Ethan Hunt, sang jagoan, menerima perintah atau pesan rahasia terkait misi yang harus dia tangani, pesan tersebut secara otomatis akan hangus dan hilang tanpa jejak setelah dibaca olehnya. Nah, cara kerja Snapchat pun semacam itu.
Dibandingkan Instagram, aplikasi SnapChat ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Pengguna SnapChat bisa mengambil foto atau video yang ingin dikirimkan melalui Snapchat, mengatur berapa lama foto itu bisa dilihat oleh si penerima, lalu mengirimkannya kepada teman. Maksimal waktu yang disetel untuk melihat pesan foto atau video itu adalah 10 detik. Setelah waktu tersebut habis, pesan akan dihapus secara otomatis dari ponsel si penerima.
Ada spekulasi yang mengatakan bahwa penundaan ini terkait dengan jumlah snap (posting-an) yang bisa mendongkrak nilai Snapchat. Trafik Snapchat diprediksi akan meningkat menjadi 400 juta snap per hari di musim dingin.

Jika angka 400 juta itu terlampaui, maka Snapchat berhasil melampaui jumlah foto yang diunggah ke Facebook tiap hari. Dengan demikian, Spiegel bisa dengan mudah menaikkan harga jual Snapchat lebih mahal lagi.

Tertarik mendownload dan menggunakan SnapChat?

how to buy car insurance online

Share on :