Cara Mudah Mempercepat Kinerja Ponsel Android

Rasanya sudah lama sekali kami tidak menulis tips terkait dengan gadget. Nah, kali ini kami akan membagikan tips untuk mempercepat ponsel android yang lambat, terutama bagi para pemakai pemula. Perlu diketahui, Salah satu hal yang menyebabkan smartphone Android berjalan lambat dalam melakukan perintah adalah kapasitas memori tersisa yang sudah sempit, terlebih jika banyak aplikasi pre-install dari pabrikan.

Solusinya, untuk membuat penyimpanan internal menjadi lebih lapang, adalah menghapus file-file "sampah" yang sudah tidak terpakai lagi, seperti file-file download atau data cache yang tersimpan. Sebenarnya kita juga bisa melakukan rooting, namun bagi pemula, rooting bisa beresiko fatal. Ada cara lebih mudah  dan relatif aman untuk mempercepat android, yaitu menggunakan aplikasi.

Ada beberapa aplikasi yang umum dipakai untuk menghapus file sampah dan mempercepat kinerja android , diantaranya:

1. ES File Explorer 
Untuk mengatur file-file mana saja yang ingin disimpan dan dihapus, seperti file hasil download, email, dan sumber lainnya, aplikasi file manager bisa digunakan, seperti ES File Explorer. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan layanan penyimpanan cloud populer, seperti Google Drive, Dropbox, dan lainnya. Selain menghapus file, pengguna juga bisa mem-backup file-file tersebut ke situs layanan penyimpanan cloud tadi. Apalagi untuk file-file foto atau video yang sayang jika dihapus. Jika tidak, pengguna bisa memindahkan data foto atau video tersebut ke penyimpanan eksternal dengan mentransfer file tersebut ke PC atau laptop.

2. 1 Tap Cleaner - Aplikasi 1 Tap Cleaner juga bisa digunakan untuk menghapus file-file cached yang sudah tidak terpakai lagi.

3. Clean Master - Fungsinya hampir sama dengan 1 Tap Cleaner.

Download Aplikasi tersebut di bawah ini