Alhamdulillah, meski salah satu blog kena disable site alias tidak bisa dipasangi iklan Google Adsense, penghasilan dari Bisnis Online Google Adsense di bulan Mei InsyaAlloh bisa diambil dan dicairkan besok. Google Adsense memang membayar para publisher (penerbit iklan) diakhir bulan antara tanggal 21-25.

Penghasilan yang saat ini dibayarkan adalah penghasilan bulan lalu alias penghasilan bulan April. Dibawah ada screenshoot penghasilan saya dari Google Adsense untuk bulan Mei.

Proses Pembayaran Google Adsense

Penghasilan Google Adsense (GA) bulan Mei ini adalah akumulasi penghasilan dari tanggal 1 - 30 April. Apabila penghasilan bulan lalu (April) telah mencapai batas minimal yaitu $100, maka di akhir bulan Mei akan dibayarkan melalui beberapa cara. Saya sendiri menggunakan Western Union karena paling mudah.

Proses pembayaran Google Adsense diawali dari PIP (Payment in Progress) kemudian PI (Payment Issued). Nah, setelah ada keterangan PI, maka di akun GA akan muncul MTCN Western Union. MTCN ini adalah kode unik untuk mengambil uang yang dikirim GA melalui Western Union.

Biasanya Istri saya yang mengambil uang kiriman GA di kantor pos. Karena akun GA yang saya pakai adalah akun GA atas nama istri. Pengambilan uang di kantor pos cukup dengan menuliskan MTCN dan copy KTP. Untuk bulan lalu, istri saya mengambil GA di BKK karena kantor pos sedang ada gangguan. Dan ternyata, mengambil di BKK jauh lebih mudah. Kita tidak perlu menulis sendiri di form western union. Cukup berikan MTCN dan Copy KTP, tunggu beberapa saat sampai nama kita dipanggil untuk tanda tangan, dan cair deh. Tidak ada potongan apapun, tidak ada biaya materai. Dan pelayanannya jos gandos

Sedangkan di Kantor Pos, mungkin karena kantor pos kecil, pegawainya IMO, seolah berharap mendapatkan tips atau pemberian, dalam bahasa saya: suap.

Mungkin besok setelah uang diambil, saya akan memfoto bukti slip pengambilan uang dari BKK. Balik lagi besok ya :)