Sebagaimana yang pernah kami tulis sebelumnya di sini, salah satu blog utama penghasil dolar dari google adsense di disable site sehingga tidak bisa lagi dipasang iklan adsense. Kemudian saya mencari beberapa alternatif pengganti adsense. Salah dua alternatif yang saya coba adalah Qadabra dan Ads.ec.

Cukup banyak review negatif maupun positif di internet tentang qadabra. Adapun Ads.ec, adalah perusahaan periklanan baru. Saya mencobanya karena salah satu pengelolanya (atau malah pemilik) adalah orang Indonesia. Namun hasilnya masih kalah dibanding Qadabra. Dan sampai hari ini, Qadabra adalah pengganti adsense yang paling mendingan. Berikut perbandingan penghasilan dari Qadabra versus



Sebagai catatan, saya memasang 1 iklan ads.ec di sidebar ukuran 160 x 600 dan 2 iklan Qadabra berukuran 300 x 250 (satu di atas artikel, satu di bawah artikel)

Terlihat perhitungan trafik yang jauh berbeda antara ads.ec dan Qadabra. Melihat perbandingan tersebut, saya tentu saja memilih untuk mencopot iklan ads.ec. Apalagi pembayaran ads.ec minimal $10, sedangkan Qadabra hanya $1. Meskipun pembayaran ads.ec hanya Net 15 dan Qadabra Net 45, saya pikir Qadabra masih lebih bagus dibanding ads.ec