Daftar Lengkap Tarif Kereta Api Ekonomi Terbaru

model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Berikut ini adalah Daftar tarif terbaru Kereta Api Ekonomi yang akan mengalami kenaikan mulai tanggal 1 September 2014. PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah mengambil sikap menaikkan tarif kereta api (KA) ekonomi jarak menengah dan jauh mulai 1 September 2014. Ini karena dana alokasi subsidi berkurang dari Rp 1,2 triliun menjadi Rp 871 miliar.


  1. KA Logawa dari Rp 50.000 menjadi Rp 115.000/penumpang,
  2. KA Kertajaya dari Rp 50.000 menjadi Rp 135.000/penumpang,
  3. KA Brantas dari Rp 55.000 menjadi Rp 135.000/penumpang,
  4. KA Kahuripan dari Rp 50.000 menjadi Rp 125.000/penumpang,
  5. KA Kutojaya Utara dari Rp 40.000 menjadi Rp 90.000/penumpang,
  6. KA Bengawan dari Rp 50.000 menjadi Rp 110.000/penumpang,
  7. KA Progo dari Rp 50.000 menjadi Rp 100.000/penumpang,
  8. KA Pasundan dari Rp 55.000 menjadi Rp 130.000/penumpang,
  9. KA Sritanjung dari Rp 50.000 menjadi rp 110.000/penumpang,
  10. KA GBMS dari Rp 55.000 menjadi Rp 140.000/penumpang,
  11. KA Matarmaja dari Rp 65.000 menjadi Rp 150.000/penumpang,
  12. KA Tawangjaya dari Rp 45.000 menjadi Rp 95.000/penumpang,
  13. KA Serayu dari Rp 35.000 menjadi Rp 95.000/penumpang,
  14. KA Kutojaya Selatan dari Rp 35.000 menjadi Rp 70.000/penumpang,
  15. KA Tegal Arum dari Rp 25.000 menjadi Rp 55.000/penumpang,
  16. KA Tawang Alun dari Rp 30.000 menjadi Rp 65.000/penumpang,
  17. KA Rajabasa dari Rp 30.000 menjadi Rp 65.000/penumpang,
  18. KA Buser/Serelo dari Rp 30.000 menjadi Rp 55.000/penumpang,
  19. KA Putri Deli dari Rp 20.000 menjadi Rp 45.000/penumpang,
  20. KA Siantar Ekspres dari Rp 20.000 menjadi Rp 40.000/penumpang.

Seperti kita ketahui bersama, Kereta Ekonomi mendapat subsidi yang cukup besar dari pemerintah sehingga harga tiket KA Ekonomi relatif murah. Kenaikan tarif ini dikarenakan turunnya nilai subsidi dari Pemerintah. Sehingga PT KAI terpaksa menaikkan tarif kereta ekonomi untuk menutup beban operasional KA Ekonomi.

Mari coba hitung-hitungan.

Subsidi 871M habis dalam waktu 5 bulan (April-September). Dengan asumsi hanya kereta2 yang tarifnya naik saja yang disubsidi, maka dalam 1 hari, pemerintah mensubsidi 871.000.000.000/(5 bulan x 30 hari)=5.806.666.666

Dengan kenaikan tarif rata-rata sebesar 50rb rupiah, kita bisa menghitung jumlah penumpang tiap harinya yaitu 5.806.666.666/50.000=116.133 penumpang. Jika dibagi dengan jumlah kereta, berarti satu kereta setiap harinya mengangkut penumpang sejumlah 116.133/20=5806.

Jika satu kereta mempunyai 12 gerbong penumpang, maka satu gerbong berisi 5806/12=483 penumpang.

Jika satu baris kursi berisi 5 penumpang (kursi KA ekonomi biasanya formasinya 3-2), maka baris kursi yang dibutuhkan adalah 483/5 = 96 baris kursi penumpang. Padahal biasanya kursi penumpang cuma sampai urutan 20an.

Disclaimer: Hitungan cuma berdasarkan asumsi hanya 20 KA ekonomi di atas yang disubsidi. Denger2, KRL juga di subsidi. Jadi tentu saja hitung2n di atas sangat amat tidak tepat sekali model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Share on :