Blogwalking sudah pernah saya singgung pada saat membahas mengenai cara agar blog ramai pengunjung. Kali ini saya akan membahas lebih jauh mengenai blogwalking sebagai sarana untuk melakukan link building.

Link Building sendiri adalah tehnik dasar untuk meningkatkan reputasi blog. Intinya adalah, semakin banyak blog kita terpasang di blog/ website lain, reputasi blog kita akan meningkat. Contohnya adalah ketika saya memasang  link blog teman2 pada halaman Blog Sahabat. Itu artinya, blog teman2 mendapat poin reputasi karena telah terpasang di blog saya.

Nah, selain memasang link secara langsung di postingan sebagaimana pada halaman Blog Sahabat, link building bisa dilakukan dengan blogwalking. Yaitu berkomentar di postingan yang ada di blog lain. Hal ini tanpa disadari sudah teman-teman lakukan pada saat berkomentar di Blog Sahabat.

Namun yang perlu digarisbawahi adalah, tehnik pada saat berkomentar ini. Pada saat meninggalkan komentar di artikel, usahakan formatnya seperti ini.

Perhatikan, dan bedakan hasilnya dengan komentar yang teman2 lakukan. Perhatikan pada yang saya beri kotak merah. Pada gambar pertama, jika kursor diarahkan pada Kiswo Kesra, maka yang muncul adalah alamat Blogger.com dst. Pada gambar kedua, jika kursor diarahkan pada The Maniax, maka akan muncul alamat blog saya yaitu themaniax.blogspot.com. Itulah salah satu tehnik link building dengan blogwalking, yaitu menempatkan alamat blog kita di blog/ website orang lain



Sudah paham bukan? Silahkan mencoba dengan berkomentar dan meninggal link di artikel ini.

Setelah itu cobalah saling mengunjungi, berkomentar, dan meninggalkan link blog masing2 di blog2 yang ada di Daftar Blog Sahabat.