3 Manfaat Tersembunyi Cangkang/ Kulit Telur

Ibu-ibu di dapur biasanya membuang begitu saja cangkang telur atau kulit telur. Ternyata kulit telur mempunyai beberapa manfaat yang cukup mengejutkan. Selain bisa untuk menghaluskan wajah (baca: Cara Membuat Scrub Kulit Telur untuk Kecantikan), kulit telur juga bermanfaat terutama terkait dengan tanaman. Apa saja manfaat dari kulit atau cangkang telur?

1. Wadah Semai
Kita bisa menggunakan kulit telur sebagai tempat untuk menyemai bibit tanaman. Kulit telur kaya akan nutrisi organik yang berguna untuk pertumbuhan tanaman. Selain itu, penggunaan kulit atau cangkang telur dapat mempercantik tampilan dan mempermudah saat pemindahan bibit. 
2. Pupuk Organik
Hancurkan sampai berupa bubuk, tambahkan sedikit air dan sedikit cuka untuk membuat pupuk organik dari kulit telur. Jika menggunakan metode hidroponik, tambahkan air lebih banyak. Atau cukup pecah kecil-kecil kulit telur. Ia akan terurai dengan sendirinya dalam tanah.
3. Penangkal Hama
Tebarkan pecahan telur di sekeliling tanaman. Selain nantinya akan terurai dan menjadi pupuk, pecahan telur dapat mencegah hama siput atau bekicot. Siput atau bekicot tidak mampu melewati pecahan telur yang tajam.
Tips:

  • Sebagai wadah semai, jangan lupa beri lubang kecil di bagian bawah. Atau jika kesulitan, aturlah penyiraman tanaman agar tidak ada air yang menggenang.
  • Gunakan pupuk organik sebagai pupuk cair untuk menyuburkan kangkung yang kita tanam seperti pada artikel Cara Menanam Kangkung dalam Baskom di Belakang Rumah


how to buy car insurance online

Share on :