Penemuan IPB: Membuat Gula Rendah Kalori dari Kulit Singkong

model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Empat mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil menemukan pembuatan gula rendah kalori dari limbah singkong. Keempat mahasiswa ini adalah Galih Nugraha (22) asal Tasikmalaya, Putri Vionita (21) asal Banyuwangi, Faraouq (22) asal Cilacap dan Abdul Aziz (22) asal Boyolali.

"Kami awalnya melihat limbah singkong akan mudah didapatkan untuk bahan baku. Setelah kami melakukan penelitian, ditemukan kandunga glukosa dan bisa dibuat gula beku rendah kalori," kata Galih kepada Kompas.com, di rumahnya di Tasikmalaya bersama rekannya, Selasa (15/9/2015).
Baca juga: Sassy Water, Ramuan Ajaib Peluruh Lemak dalam 4 Hari
Mahasiswa penemu gula rendah kalori dari limbah singkong lainnya, Putri Vionita (21) asal Banyuwangi menuturkan, pembuatan gula rendah kalori dari singkong ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Kulit singkong dibersihkan dan dicuci hingga bersih kemudian direndam beberapa jam.

Kemudian, hasil pencucian digiling memakai Blender sampai halus dan didiamkan selama dua hari. Kemudian kulit singkong yang telah didiamkan dimasak dengan diberi enzim. Setelah proses pemasakan akan langsung menjadi gula dan didinginkan di lemari es sampai membeku dan bisa langsung dikonsumsi.

"Prosesnya sederhana dan mungkin sekali bisa diproduksi pasar. Ongkosnya pun sangat murah. Harapan kami kalau penemuan ini bisa diproduksi pasar tak usah impor gula lagi dari luar negeri," tambah Putri.

Sayangnya, tidak dijelaskan lebih lanjut proses pembuatannya secara mendetail, enzim apa yang digunakan, dan efek samping yang mungkin muncul ke depannya. Mudah-mudahan temuan ini segera dapat disebarluaskan ke masyarakat sehingga secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Share on :