Pernah Isi Ulang Freon AC? Kemungkinan 99% Anda Kena Tipu Tukang AC

Bagi yang punya AC (Air Conditioner) di rumah, mungkin pernah mengalami kejadian AC kurang dingin. Biasanya kita akan memanggil tukang AC untuk membetulkan AC kita agar bisa dingin lagi. Dan biasanya, si tukang AC selain membersihkan AC, juga akan bilang bahwa freon AC di rumah kita sudah berkurang sehingga perlu diisi ulang.

Jika anda meng-iya-kan tawaran isi ulang freon dari tukang AC, maka kemungkinan 99% anda kena tipu tukang AC. Lho koq bisa?

Begini penjelasan ilmiahnya. Teknologi freon yang ada di AC kurang lebih mirip dengan freon yang ada di Lemari Es atau kulkas. AC itu sama halnya dengan kulkas, sama-sama menghunakan tabung freon. Bedanya adalah pada Ac terdapat kipas untuk menyemburkan hawa dingin yang dihasilkan dari pipa zigzag yang dilalui gas freon. Sedangkan kulkas tidak dihembuskan kipas, agar bagian frezzer bisa membekukan apa saja yang disimpan di ruang tersebut.

Pernahkah anda melakukan isi ulang freon kulkas? Maksudnya adalah umur freon AC itu sangat lama. Setara dengan umur freon yang ada di kulkas. Jadi bisa dibilang, tanpa ada kerusakan parah misalnya pipa bocor atau retak, maka freon AC sama sekali tidak perlu diisi ulang.

Lantas bagaimana jika AC kurang dingin? Penyebabnya adalah kotoran, bukan freon. Bersihkan saja filter AC minimal 1 bulan sekali. Atau jika tidak sempat atau tidak bisa melakukan sendiri, mintalah tukang AC untuk membersihkannya (cuci kulkas). Jika tukang AC menawarkan isi ulang freon, tolak saja. Kemudian lain waktu carilah tukang AC yang lain karena berarti tukang AC yang pertama tadi sudah berlaku curang dan berusaha menipu anda.

Sebarkan jika bermanfaat.

how to buy car insurance online

Share on :