Tentang Cuti Besar PNS

model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Seringkali ada yang bertanya, koq bisa mas PNS ngambil cuti 3 bulan?

Ya, saya rencana akan mengambil cuti selama 3 bulan. Namanya cuti besar. Semua PNS punya hak mengambil cuti besar. Dan ini adalah hak istimewa, karena hanya muncul setiap kali PNS bekerja selama 6 tahun.

Banyak orang mengira bahwa cuti besar hanya untuk hal keagamaan semisal haji atau umroh. Padahal hal tersebut hanyalah salah satu contoh saja. Sekali lagi, cuti besar adalah hak istimewa PNS yang telah bekerja selama 6 tahun. (Baca Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 1976 Tentang Cuti Pegawai Negeri Sipil.

Bagi saya, logikanya sama seperti gaji. Setelah bekerja selama sebulan penuh, kita berhak mendapat gaji. Sama dengan cuti besar. Setelah bekerja selama 6 tahun, kita berhak mendapat cuti besar. Biasanya kita mencak-mencak kalau gaji kita dipotong tanpa alasan yang jelas karena itu adalah hak kita, tapi berapa orang yang mencak-mencak ketika cuti besar mereka tidak diijinkan?
2 nikmat yang seringkali terlupakan: nikmat sehat dan waktu luang
Hak. Sekali lagi itu adalah hak, yang secara otomatis (seharusnya) kita terima setelah menjalankan kewajiban kita. Perkara banyak orang yang tidak tahu, banyak orang yang tidak mengambil hak cuti besar mereka, ada 2 perkiraan saya.

Pertama, orang itu tak tahu bahwa mereka punya hak tersebut
Kedua, mereka tahu tapi tidak memperjuangkan hak tersebut sampai titik darah penghabisan. Hahaha

Bagaimana kalau tidak diijinkan atasan? Sependek yang saya baca di peraturan yang ada, sama sekali tidak ada klausul penolakan dari atasan. Atasan hanya dapat menunda pemberian cuti besar selama maksimal 2 tahun. Dan cuti besar selanjutnya dihitung dari awal penundaan

Gambarannya gini. Oktober 2015 saya berhak cuti besar karena telah bekerja selama 6 tahun. Saya kemudian mengajukan cuti besar, tapi ditolak/ ditunda selama satu tahun. Artinya, tahun 2016 jika saya mengajukan cuti besar, maka atasan wajib mengabulkan. Dan cuti besar berikutnya dihitung 6 tahun sejak Oktober 2015, bukan 2016.

Sebagai penutup, saya coba sampaikan filosofi cuti besar
  1. Agar tidak jenuh
  2. Agar PNS dapat lebih dekat  dengan Keluarga
  3. Mendorong PNS berwirausaha
Ayo, mulai sekarang perjuangkan cuti besarmu! 
model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Share on :